Jangan Jatuh Cinta ! Tapi Bangun Cinta


Wedding Organizer kali ini akan membahas tentang Cinta, Baca judulnya aja kayaknya jidat kamu mulai mengerut ya. hehe Bukan karena faktor usia, tapi karna bingung atau bahkan ada yang kurang setuju. Bagaimana bisa kita dilarang untuk jatuh cinta, padahal mencintai adalah fitrahnya manusia. Eittsssss woles dulu ya manteman. Hal yang sama juga muncul di benak aku saat pertama denger ungkapan ini. :)

Bagi para pecinta buku, judul ini tentu bukanlah ungkapan yang asing lagi. Khusunya bagi temen temen yang kenal sama motivator muda yang terkenal di zamannya. Kang Setia Furqan Khalid. Yups akang ini motivator sekaligus penulis dari beberapa judul buku yang terkenal seperti Muda Karya Raya, Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses, termasuk Jangan Jatuh Cinta, Tapi Bangun Cinta ini. Maaf yah, aku gak bermaksud jualan bukunya kang Furqan, hanya pengantar aja biar aku juga keliatan pecinta buku :D Padahal aku lebih mencintai kamu dari pada buku :v eaaaaa.

Bay deu whey, kita gak bakalan bahas buku nya ya. Karna jujur aku sendiri belum sempet beli bukunya. hoho Aku cuma minjem kata katanya kang Furqan saja. Di postingan kali ini kita akan membedakan apa itu jatuh cinta dan apa itu bangun cinta. Anonim yang sangat mencolok yah antara jatuh dan bangun. Apakah perlu juga kita bahas apa itu cinta ? Oke ada baiknya kita bahas juga ya :)

Mendefinisikan Cinta bukanlah hal yang mudah. Sangat kompleks, sangat dalam dan multi tafsir. Cinta dapat diartikan oleh setiap orang sesuai dengan apa yang ia alami dan yang ia rasakan. Kita akan melihat perbedaan yang sangat mendasar jika kita tanyakan apa itu cinta ke anak-anak dan ke kamu yang udah puluhan kali singgah di hati para mantan. ehhhh :v

Kalo kita tanya ke anak seusia TK apakah dia cinta sama mamah nya, dia pasti bilang cinta atau bahasa lainnya sayang mamah. Saat ditanya kenapa sayang sama mamah, jawaban yang kamu dengar pasti karna mamah suka bikinin aku susu, suka kasih aku jajan, mamah suka mandiin aku dan bla bla bla. Intinya Cinta menurut anak-anak adalah tentang rasa yang dia terima atas pengorbanan orang lain terhadap dirinya.

Berbeda dengan kamu, menurut kamu cinta lebih dari sekedar menerima. Cinta lebih dari sekedar ucapan ay lap yu. Cinta adalah tentang rasa untuk memberi, menerima dan memiliki. Singkatnya, cinta merupakan ekspresi hati dengan menjalin relationship atau hubungan yang teramat istimewa dengan orang yang kita anggap mewakili semua itu.

Seperti kata aku tadi, mendefinisikan cinta butuh ribuan paragraf. So aku mau utarain kesimpulan aku tadi tentang cinta. Cinta adalah bagian dari ekspresi hati untuk menciptakan hubungan yang istimewa. Itulah sebabnya kenapa jangan Jatuh dalam cinta ? Yups, jika kamu hanya sekedar masuk ke hati seseorang tanpa adanya proses menjalin relasi, besok lusa atau bahkan beberapa menit kemudian kamu akan merasakan jatuh sejatuh jatuhnya. Kamu bakalan kecewa setelah semua harapan yang kamu taruh di hati seseorang akhirnya dikecewakan. Kenapa? karna kamu hanya sekedar Jatuh cinta. Kamu hanya hanyut menuju bukit asmara. Kamu hanya menyusun semua rasa kagum, seluruh hasrat, semua waktu dan perhatianmu menuju puncak hati seseorang yang kamu anggap istimewa. Setelah kamu berada di atas, semua bakalan ambruk. Karna apa ? Karna kamu sedang jatuh cinta. Maka kamu akan jatuh dalam cinta. Bingung kan ? :D nah lho

Lantas bagaimana dengan bangun cinta ? Bukankah sama saja keduanya didasari dengan rasa kagum, hasrat memiliki, waktu dan perhatian? Tentu saja terlihat sama namun ada bagian yang tak terlihat. Dalam Ilmu Komunikasi, ada sebuah Teori yang bernama IceBerg Communication atau teori struktur gunung es. Kamu bisa bayangkan sebuah gunung es. Pada umumnya gunung es berbentuk segitiga biasa dengan taburan warna putih di atasnya sebagai cairan es yang menutupi puncak gunung. The point is gunung es itu adalah Cinta. Cairan es yang menutupi puncak gunung itulah rasa kagum, perhatian, hasrat, pelukan, dan kebahagiaan yang lainnya. Sedangkan yang dinamakan relationshipnya adalah seluruh bagian gunung itu. Tanpa disadari orang mengenal gunung es hanya karna terdapat cairan es di puncaknya.  Tapi mereka tidak menyadari bahwa gunung es yang sesungguhnya adalah gunung itu secara keseluruhan. Makin bingung ?  Yuk lanjutkan :D

Pada teori IceBerg tadi, memberi gambaran bahwa cinta yang sesungguhnya adalah Gunung itu sendiri. Bukan pada puncaknya. Gunung yang berdiri kokoh karena dibangun secara utuh oleh berbagai unsur. Dalam cinta pun demikian. Orang yang tergesa gesa mencintai, itu namanya sekedar kagum, sekedar jatuh cinta. Pada akhirnya dia akan terjatuh dalam cintanya itu sendiri.


Berbeda dengan orang yang Bangun Cinta ( baca: membangun cinta). Butuh waktu yang panjang, butuh energi yang lebih dari sekedar saling berpelukan. Ketika kamu bangun cinta, bukan berarti kamu tidak akan merasakan jatuh dalam cinta. Justru kamu bakalan ngalamin sejuta rasa sakit saat kamu jatuh.  Bahkan kamu bakalan jatuh terpingkal pingkal. Orang sunda bilang labuh gugulutukan norolong uwaw uwawan ( translate: pokonya jatuhnya parah lah :v). Lah terus apa bedanya ama yang Jatuh cinta ? Bingung deh muter muter !!!!! hoho ya beda lah sayang :)


Orang yang bangun cinta saat terjatuh akan bangkit kembali. Dia bakalan nambah quota 1000 Giga Bite lagi buat ngebangun semua yang telah ia bangun dari awal. Dia bakalan isi Full Tank bensinnya. Dia bakalan isi penuh kulkasnya di awal bulan (yang ini gak nyambung :v). Pokonya sekali terjatuh, seribu kali ia terbangun. Kok bisa? Ya, karna dia tau betul apa yang sudah dia korbankan selama membangun cinta. Dia menghargai setiap goresan luka dan air mata dalam perjalanan cintanya. Lantas dengan apa dia membangun cintanya ? Dengan kepercayaan, kesetiaan, kesadaran, ketulusan, kejujuran, kewaspadaan, serta dengan hubungan saling menjaga satu sama lain dengan merasa bagian daripada dirinya masing-masing. Hingga pada akhirnya mereka dapat membangun apa yang disebut satu raga satu jiwa. Bahkan aku pengen nambahin satu lagi, yaitu satu pemikiran . Jika semua ini telah terbangun melalui proses yang panjang, siapa yang dapat merobohkan bangunan yang teramat kokoh ini selain kematian?!!

Menarik bukan ? Saya yakin anda akan sepakat mengatakan ini benar benar menarik !! (maksa :v) Jadi segera bangun cintamu bersama pasangan. Membangun Cinta yang dapat mempersatukan kalian  sampai maut memisahkan kalian. Yupss.,,apalagi kalu bukan didalam ikatan pernikahan.

Setelah kamu berhasil  membangun cintamu bersama pasangan dalam ikatan pernikahan, hal yang harus kamu pertimbangkan selanjutnya adalah tentang bangunan gedung pernikahan kalian yang istimewa yang tidak akan pernah terlupakan. Kalo kalian merasa bingung buat nyiapin semua itu dari mulai gedung pernikahan, sajian istimewa, dan serentetan acara di hari pernikahanmu nanti, tenang saja. Kami hadir sebagai partner anda untuk mempersiapkan semuanya dengan baik dan istimewa. Tunggu apalagi, Bangun Cinta Anda!! :)

No comments :

Post a Comment