Kapan Nikah?

Pernahkan kamu berfikir kapan kamu akan menikah ? Atau memang kamu udah dapet seribu satu pertanyaan dari orang tua dan juga teman kapan kamu bakalan naik ke pelaminan ? Ya , tentu pertanyaan seperti itu sangat sulit untuk dijawab.

Pasalnya menikah bukan hanya sekedar tentang memiliki pasangan. Lebih dari itu, menikah adalah tentang menjalani hidup bersama untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan bahagia. Itulah sebabnya dibutuhkan kesiapan mental dan kematangan finansial.

Walaupun sebenarnya faktor finansial tidak begitu menjadi persoalan yang cukup berpengaruh bagi kehidupan rumah tangga kedepannya. Karna dengan menikah orang bilang rezeki nya jadi double. Orang sunda bilang kalau sudah berumahtangga rezeki mah nuturkeun (Rezeki itu ngikutin). Banyak sekali kisah rumah tangga yang sukses setelah menjalin ikatan pernikahan. Mereka membangun kerja sama yang kompleks dari mulai jalinan kasih sampai bagaimana membangun perekonomian keluarga kecilnya. Artinya kalaupun faktor finansial yang menjadi alasan kamu untuk terus mengundur tanggal pernikahanmu, yakinlah semua akan baik baik saja setelah kamu berjuang bersama pasanganmu nanti.                  

Tetapi buat kamu yang sudah bekerja atau pun sedang merintis usaha, ada baiknya kamu menyisihkan penghasilan untuk mulai merencanakan pernikahan. Khususnya bagi laki-laki, pihak perempuan pasti memiliki standar khusus buat nentuin calon pasangannya dalam segi ekonominya. Biasanya kamu bakalan ditanya berapa gaji atau penghasilan.

Untuk pertanyaan selanjutnya kamu jangan kaget ya kalo ditanya udah punya rumah sendiri ? Roda empat apa dua? atau roda tiga? Udah umroh berapa kali balikan ? :D Sebenernya standar ini terlalu berlebihan ya. Tapi di beberapa kasus  pertanyaan ini memang menjadi pertanyaan andalan dari calon mertua. Tentu standar tadi dibuat mertua sebagai uji kelayakan calon mantunya supaya nanti di kehidupan rumah tangganya mereka hidup bahagia selamanya.hoho

Nah faktor yang kedua ini sebenarnya kesiapan mental seperti apa sih yang dibutuhkan untuk menghadapi bahtera rumah tangga? Orang bijak selalu bilang milikilah mental sekuat baja. Apakah mental ini dibutuhkan supaya pas kamu ngucapin ijab qabul gak degdegan ? Atau  mental baja buat ngundang mantan ? Oh tidak, tidak! :D Mental yang tangguh ini untuk kamu bawa selamanya. Seeelaamanya.. Karna selama kamu mengarungi bahtera rumah tangga akan ada banyak badai yang menghadang, petir yang menyambar, dan duri yang terhampar di sepanjang jalan. Ih kok serem yah ? Gak juga :v

Artinya kamu bakalan nemuin banyak ujian selama hidup berumah tangga. Apalagi pas usia pernikahan kalian sudah semakin lama. Dari awalnya kamu bilang istri kamuadalah wanita  yang paling sedunia, seiring waktu kamu bakalan ngerasain yang entah bagaimana wanita di luar sanah lebih menarik.. Hayooo.. itu contoh aja ya. Nah dalam keadaan seperti ini mental sekuat baja sangatlah dibutuhkan. Karena jika mentalmu belum siap, wanita wanita cantik diluar sana akan menjadi masalah buat kamu dan rumah tanggamu. Tapi kalo kamu bermental sekuat baja, kamu bakalan menyadari bahwa kamu menyayangi wanita yang telah berjuang bersama kamu dari pada mencintai wanita selayang pandang :)

Seperti itulah dua kesiapan yang harus kamu siapin agar kamu gak minder lagi kalo terus terusan ditanya kapan kamu menikah . Jadi, ayo membuat kesiapan yang matang. Buat yang udah siap banget, cepet cepet tentuin tanggal pernikahan kalian ya. Karna menunda terlalu lama itu gak baik. Ingat, sebelum janur kuning melengkung dia masih milik orang :v Jadi cepat Halalin aja ya.

Menikah itu indah dan Mudah. Apalagi sekarang kita hadir untuk menjadi sahabat kamu untuk membantu menyiapkan pernikahanmu. Mulai dari memilih tempat, menentukan konsep pernikahan, menyajikan hidangan terbaik sampai bulan madu dengan vendor terpercaya dan pastinya acara pernikahan kamu menjadi pernikahan yang berkesan dan tak terlupakan :).

No comments :

Post a Comment