Mengenal Baju Pengantin Tradisional Sunda





Di postingan kali ini aku bakalan ngebahas tentang kearifan budaya Sunda khususnya dalam segi pakaian adatnya. Suku sunda merupakan salah satu  populasi suku yang cukup besar di tanah air Indonesia. Ada banyak warga sunda yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Bahkan di era seperti ini tidak sedikit warga sunda yang telah lama tinggal di beberapa negara di suluruh dunia.

Orang sunda telah banyak dikenal dengan kemurah senyumannya, ramah, humoris dan katanya sih mojang sunda itu cantik cantik, bener gak yah ? :D Karakter itulah yang tercermin pada busana adat pengantin sunda. Hampir semua baju adat pengantin di seluruh Nusantara merupakan cerminan dari pakaian yang dikenakan para raja dan ratu di masing-masing sukunya. Termasuk juga baju adat pengantin sunda. 

Di era globalisasi ini, perkembangan di ranah fashion juga mulai merambah ke pakaian adat tradisional. Sehingga tidak bisa di pungkiri baju adat pengantin sunda pun ikut mendapat pencampuran dari beberapa budaya dibelahan dunia. Khususnya budaya islam-melayu yang sangat menonjol pada baju adat pengantin sunda ini. Hal ini sebagai cerminan apresiasi masyarakat sunda yang menyesuaikan dengan kultur dan aspek religi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Seperti misalnya penggunaan kain kerudung yang menutupi kepala termasuk gelung (sanggul) di bagian belakangnya. 

Meski pun demikian, tidak serta merta kehilangan identitasnya sebagai cerminan dari luhurnya budaya sunda. Hampir 80% bahkan 100% pakaian adat di zaman sekarang masih dipertahankan ke otentikannya. Karena aksesories yang dikenakan pada pengantin disadari memiliki makna dan filosofis yang sangat dalam. Apa saja ya ? Cekedot.. 

1. Siger


Siger adalah Mahkota yang dipakai oleh pengantin wanita. Bentuk siger sunda sangat berfariatif bentuk dan motifnya. Tetapi pada dasarnya semua memiliki bentuk yang sama, yaitu  memiliki tiga segitiga tak sempurna.  Bentuk ini menggambarkan gunung., yang mana gunung merupakan simbol keteguhan dan sumber segala pengetahuan. Wanita sunda mencerminkan wanita yang tangguh dan juga santun. Tidak hanya cantik, wanita sunda pun cerdas secara intelektual maupun spiritual. Siger juga dapat melambangkan kemegahan dan keagungan yang sempurna bagi wanita sunda. Disetiap detailnya, siger memiliki motif yang sangat indah disertai pernak pernik perhiasan seperti permata dan kristal Sungguh mewakili kecantikan wanita sunda yang paripurna.

2. Lima Kembang Goyang

Sebetulnya jumlah kembang goyang yang dikenakan pada setiap pengantin berbeda beda. Ada yang lima seperti pada pengantin ini, ada yang tujuh, bahkan yang paling sedikit hanya tiga kembang goyang. Yang jelas jumlah kembang goyang tidak akan lebih dari tujuh. Karna apa? karna gak muat lah, mau di tempelin lagi dimana coba ? di sanggul gituh biar keliatan melenoy ? hehe Jumlah kembang goyang bebas bebas saja, asalkan jumlahnya ganjil. 

Cara pemasangan kembang goyang adalah sebagian menghadap ke belakang dan sebagian lagi dihadapkan ke depan. Namun seiring perkembangan dunia fashion, kembang goyang kebanyakan di hadapkan ke arah depan semuanya seperti pada gambar di atas. Ini adalah simbol bahwa wanita sunda harus memiliki kecantikan di luar dan di dalam. Yang senada juga dengan kecantikan dari arah depan dan belakang, Kembang goyang berbentuk kembang tanjung yang memiliki makna keindahan dan keelokan serta kebijaksanaan wanita sunda.

3. Daun Sirih di Kening

Daun sirih yang berbentuk wajik ditempelkan di kening diyakini sebagai penolak bala. Sebagian orang mengartikan bahwa daun sirih tersebut sebagai perlambang kemurnian. Kita juga telah tau bahwadaun sirih memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan dapat digunakan sebagai obat. Hal ini melambangkan wanita sunda diharapkan selalu memberi manfaat bagi orang sekitar.

4.  Kembang Ronce

Kembang Ronce atau bunga melati yang disusun terurai kebawah ini melambangkan kesucian dan keharuman. Yang diharapkan setiap wanita sunda mampu menebarkan kebaikan dimana saja ia berada. Ukuran panjang ronce yang dipasang dikedua sisi kepala ini berbeda. Yang sebal panjang dan sebelah lagi pendek. Hal ini mencerminkan keseimbangan, sikap  bijak sana dan memihak pada kebenaran.

Sebenarnya masih ada  beberapa aksesories yang lain yang dikenakan pengantin sunda seperti giwang pada lengan, gelang, sarung kebat dan bentuk sepatunya yang memiliki makna tersendiri. Tapi itu bakalan kita bahas di postingan selanjutnya ya guys..

So buat kalian wanita-wanita sunda yang pengen tampil cantik di acara pernikahan kalian nanti, yuk hubungi call center kami di Garut Wedding Organizer.


No comments :

Post a Comment